Panduan Menyelesaikan Rubik untuk Pemula
Disajikan untuk Karya Ilmiah Remaja
Nama : Kelvin
Kelas : XI SOS 1
SMA MARDI YUANA DEPOK
A. Pendahuluan
Terdapat beragam metode untuk menyelesaikan rubik, namun metode yang paling mudah dan populer untuk dipelajari oleh pemula adalah teknik layer by layer method atau metode lapis demi lapis.
Mari kita pelajari cara menyelesaikan rubik Anda untuk pertama kalinya.
B. Pengenalan Notasi Gerakan
Dalam permainan rubik, kita akan mengenal beberapa notasi yang berfungsi sebagai panduan gerakan untuk menyelesaikan sebuah rubik.
Mari kita lihat notasi-notasi tersebut :
Keterangan : - F : front /sisi depan
- B : back / sisi belakang
- R : right / sisi kanan
- L : left / sisi kiri
- U : Up / sisi atas
- D : Down / sisi bawah
C. Menyelesaikan rubik dalam 7 langkah
1. Membuat cross putih
Tujuan dari langkah ini, sebagaimana terlihat dari judulnya, adalah membuat cross putih, yaitu dengan cara meletakkan Edge Putih pada tempat yang tepat.
Tujuan dari Langkah Pertama
Langkah-langkah untuk membuat Cross putih adalah sebagai berikut:
- Peganglah Rubik Anda dengan posisi Center Putih berada di atas (U) dan Center Merah di sisi depan (F)
- Carilah Edge yang berwarna Putih-Merah dan letakkan di antara Center Putih (U) dan Center Merah (F). Bila anda mendapatkan kondisi seperti gambar dibawah ini, gunakanlah algoritma yang dicantumkan dibawahnya , sehingga hasilnya akan tampak seperti gambar disebelahnya.
- Putarlah rubik sehingga Center Biru ada di depan lalu carilah Edge Putih-Biru, selanjutnya lakukanlah cara yang sama.
- Lakukan hal yang sama untuk menyelesaikan Edge Putih-Orange dan Putih-Hijau.
2. Menyelesaikan Lapis Pertama
Pegang Rubik Anda dengan posisi Center Kuning di atas dan Center Putih Di bawah. Setelah itu lakukanlah algoritma sebagaimana kasus yang Anda temukan. Di bawah ini adalah kasus-kasus dan lagoritma-algoritma yang harus Anda lakukan.
Tujuan dari langkah kedua
Apabila menemukan kasus di atas maka lakukanlah algoritam F' U' F
Kasus di atas bisa diselesaikan dengan algoritma (F' U' F) U (F' U' F).
Selesaikan kasus di atas dengan algoritma R U R'
Kasus di atas diselesaikan dengan algoritma (R U R') U' (R U R')
Seleaikanlah kasus di atas dengan algoritma (R U2 R') U' (R U R')
Setelah behasil meletakannya gunakanlah cara yang sama untuk menyelesaikan semua lapis pertama, sehingga semua lapis pertama terselesaikan. Bila corner putih yang anda cari berada di lapis pertama, tapi diapit oleh center yang warnanya berbeda dengan corner yang anda cari, masukkan sembarang corner ke tempat tersebut dengan menggunakan sembarang alogaritma agar corner tersebut dapat keluar.
3. Menyelesaikan Lapis Kedua
Sudah berhasil menguasai langkah kedua dengan baik? Kalau sudah maka kita akan melangkah menuju Langkah Ketiga dalam Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x: Menyelesaikan Lapis Kedua. Anda mungkin masih ingat dengan baik gambar dari tujuan langkah ini. Tapi saya kira ada baiknya untuk menampilkan kembali gambar tersebut.
Perhatikan kembali dengan seksama gambar di atas.
Kalau kita perhatikan gambar di atas maka kita akan dengan segera memahami bahwa menyelesaikan lapis kedua adalah dengan jalan mengirim empat buah Edge: Hijau-Merah, Merah-Orange, Orange-Biru, dan Biru-Merah berada pada tempat mereka yang seharusnya. Dengan begitu kita harus mengabaikan Edge Kuning, karena Edge tersebut tempatnya berda di lapis terakhir yang akan diselesaikan kemudian.
Selama menyelesaikan lapis kedua kita harus selalu menempatkan Center Kuning berada di Atas, dan Center Putih selalu berada di bawah. Kalau Anda menyelesaikan langkah kedua dengan cara menempatkan Center Kuning di bagian atas maka Anda langsung bisa menyelesaikan lapis kedua dengan posisi tersebut. Tapi bagi yang menyelesaikan langkah kedua dengan posisi Center putih berada di bagian atas, maka putarlah rubik Anda sehingga Center putih berada di bawah dan Center Kuning berada di atas, dan setelah itu mulailah menyelesaikan langkah ketiga.
Gambar di atas menunjukkan bahwa kita harus memasukkan Edge Hijau-Merah ke posisi Edge Kanan-Depan. Atau dengan kata lain kita harus memindahkannya ke bagian Kanan. Seringkali kita tidak langsung mendapatkan kondisi seperti di atas. Untuk itu kita perlu melakukan gerakan U atau U' atau U2/U'2.
Ketika sudah menemukan kondisi seperti kondisi di atas maka lakukanlah algoritama: U R U' R' (U' F' U F), maka hasilkan akan seperti gambar di bawah:
Kasus di atas kita dapatkan ketika Stiker Hijau dalam Edge Hijau-Merah berada di atas sedangkan Stiker Merahnya merada di bagian depan/belakang/kanan/kiri (yang kalau setelah kita lakukan gerakan U/U'/U2/U'2 akan berada di depan ). Bagaimana yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu Stiker Merah berada di atas sedang Stiker Hijau berada di depan? Maka berarti kita harus memindah Edge Hijau-Merah ke Depan-Kiri, atau dengan kata lain kita harus memindahkannya ke sebelah Kiri.
Untuk menyeleaikan kasus di atas kita gunakan algoritma: U' L' U L (U F U' F'). Kalau menerapkan algoritma ini, maka Anda akan segera sadar bahwa sebenarnya algoritma ini tidak jauh berbeda dengan algoritma untuk memindah Edge ke bagian kanan.
Latihlah diri Anda untuk menguasai dua algoritma di atas dengan cara melihat algoritma dan rubik. Setelah itu lakukan algoritma di atas dengan hanya melihat rubik tanpa melihat algoritma. Setelah itu lakukanlah kedua algoritma tanpa melihat rubik. Kalau Anda sudah bisa melakukan kedua algoritma di atas tanpa melihat catatan algortima dan tanpa melihat rubik, berarti Anda telah betul-betul menguasai keduanya.
Setelah Anda menempatkan Edge Hijau-Merah pada tempatnya, maka carilah ketiga Edge yang lain: Merah-Orange, Orange-Biru, dan Biru-Merah, dan lakukanlah satu di antara dua algoritma di atas.
Bagaimana kalau ada Edge dari keempat Edge di atas sudah berada di posisinya tapi warna stikernya terbalik, misalnya Stiker warna Merah dalam Edge Hijau-Merah berada di Stiker warna Hijau? Kalau Anda menemukan kondisi tersebut maka lakukanlah satu di antara dua algoritma di atas (sesuai dengan letak Edge tadi, di kiri atau di kanan) untuk mengeluarkan Edge yang terbalik tadi dan setelah baru memasukkan kembali Edge tadi ke pisisinya yang seharusnya.
4. Membuat cross kuning
Langkah Keempat dalam cara menyelesaikan rubik ialah "Membuat Cross Kuning".
Gambar Tujuan Langkah Ke-4
Setelah menyelesaikan langkah ketiga Anda bisa mendapati empat kemungkinan kondisi Rubik Anda.
1. Kondisi Pertama
Sudah terbentuk Cross Kuning di bagian atap Rubik Anda.
Kalau Anda mendapatkan kondisi rubik seperti gambar di atas maka Anda bisa langsung melangkah ke tahap selanjutnya.
2. Kondisi Kedua
Selain Center Kuning Ada dua Edge Kuning yang stiker kuningnya sudah menghadap ke atas dan membentuk letter L.
Ketika mendapatkan kondisi seperti ini lakukanlah algoritma F U R (U' R' F').
3. Kondisi Ketiga
Selain Center Kuning Ada dua Edge Kuning yang stiker kuningnya sudah menghadap ke atas dan membentuk Garis.
Ketika mendapatkan kondisi seperti ini lakukanlah algoritma F R U (R' U' F').
4. Kondisi Keempat
Belum ada Edge Kuning yang stiker kuningnya menghadap ke atas.
Ketika mendapatkan kondisi seperti ini lakukanlah algoritma F U R (U' R' F'), maka Anda akan mendapatkan kondisi seperti Kondisi Kedua atau Kondisi Ketia. Jika yg didapatkan adalah Kondisi Kedua maka lakukanlah algoritma kondisi kedua. Jika mendapatkan Kondisi Ketiga lakukanlah algoritma kondisi ketiga.
Catatan:
Untuk mendapatkan kondisi kedua dan ketiga Anda mungkin perlu melakukan algoritma U/U'/U2.
Untuk mendapatkan kondisi kedua dan ketiga Anda tidak perlu memperhatikan Corner Kuning. Ini karena bisa jadi Corner Kuning juga sebagiannya sudah menghadap ke atas.
5. Membuat atap kuning
Setelah membuat Cross Kuning kita akan membuat atap kuning. Di saat membuat Cross Kuning sebenarnya kita sedang mengorientasikan stiker kuning yang ada di Edge Kuning agar menghadap ke atas. Untuk membuat atap kuning kita mengorientasikan seluruh stiker kuning di Corner kuning agar menghadap ke atas. Setelah kita mengorientasikan Edge dan Corner maka bagian atas rubik akan berwarna kuning semua. Karena itulah langkah kelima cara menyelesaikan rubik 3x3x3 adalah "Membuat Atap Kuning".
Gambar tujuan langkah ke-5
Ada beberapa kondisi di langkah ini. Tapi semua kondisi tersebut diselesaikan dengan algoritma yang sama, yaitu: R U R' U R U2 R'. Yang membedakan hanyalah bagaimana kita memposisikan rubik atau bagian atas dari rubik tersebut.
Kondisi-kondisi yang ditemui dalam langkah kelima dibagi dalam 3 kelompok, yaitu:
1. Tidak Ada Pojok yang Menghadap Ke Atas
Ketika Anda menemui kondisi seperti yang ada pada gambar di atas, maka putarlah rubik atau lakukan gerakan U/U'/U2 sehingga TIDAK ADA STIKER KUNING yang berada di depan Anda. Setelah itu lakukanlah algoritma R U R' U R U2 R'.
2. Ada Dua Pojok yang Menghadap Ke Atas
Ketika menemukan kondisi di mana selain Cross ada dua pojok kuning yang stikernya sudah menghadap ke atas, maka putarlah rubik atau lakukan gerakan U/U'/U2 sehingga ada stiker kuning di sebelah DEPAN-KIRI-ATAS. Setelah itu lakukanlah algoritma R U R' U R U2 R'.
3. Ada Satu Pojok yang Menghadap Ke Atas
Selain Cross Kuning hanya ada satu pojok kuning yang stiker kuningnya menghadap ke atas. Stiker-stiker kuning dalam kondisi ini membentuk gambar ikan. Ketika menemukan kondisi ini putarlah rubik aatau lakukan gerakan U/U'/U2 sehingga pojok yang stiker kuningnya menghadap ke tas berada di ATAS-DEPAN-KIRI. Setelah itu lakukanlah algoritma R U R' U R U2 R'.
Untuk mengenal posisi rubik yang paling pas sebelum menerapkan lagoritma R U R' U R U2 R', kita perlu memperhatikan panah-panah yang ada pada gambar-gambar di atas.
Ketika kita mendapatkan kondisi PERTAMA dan KEDUA kemudian melakukan algoritma R U R' U R U2 R', sebenarnya kita berusaha untuk mendapatkan kondisi KETIGA. Dengan kata lain kita perlu mengulang algoritma beberapa kali, ketika kita mendapatkan kondisi pertama dan kedua.
6. Memperbaiki corner lapis ketiga
Langkah Keenam adalah Memperbaiki Corner Lapis Ketiga. Sebagaima diketahui bahwa langkah kelima menyelesaikan rubik adalah dengan membuat atap kuning. Setelah atap kuning jadi, atau setelah semua warna kuning menghadap ke atas pekerjaan belum selesai. Itu karena baik corner maupun edge di lapis ketiga belum berada pada tempatnya. Untuk itulah kita perlu memperbaikinya. Dan yang pertama kali kita perbaiki adalah bagian corner terlebih dahulu.
Berikut adalah langkah-langkah untuk langkah keenam cara menyelesaikan rubik:
1. Mencari tahu apakah ada sepasang corner di lapis ketiga yang memiliki warna yang sama pada sisi yang sama.
3. Apabila ada satu pasangan corner lapis ketiga yang mempunyai warna yang sama pada sisi yang sama maka putarlah rubik dengan U/U'/U2 agar posisinya berada di belakang (B), dan setelah itu lakukalah algoritma sebagaimana di algoritma langkah di atas atau R' F R' B2 (R F' R' B2) R2 U'
Ada sepasang corner yang sama
7. Menyelesaikan lapis ketiga
Langkah Ketujuh atau langkah Terakhir Cara Menyelsaikan Rubik 3x3x3 adalah Memperbaiki Edge Lapis Ketiga. Sebagaimana diketahui bahwa langkah kelima cara menyelesaikan rubik adalah membuat atap kuning. Ketika atap kuning sudah terselesaikan corner dan edge lapis terakhir bisa jadi masih belum ada pada tempatnya untuk itulah kita perlu perbaiki hal tersebut. Corner dan edge diperbaiki secara terpisah. Corner diperbaiki terlebih dahulu, dan itu dilakukan di langkah keenam. Setelah itu baru kemudian kita memperbaiki edge. Memperbaiki edge lapis ketiga adalah langkah terakhir cara menyelesaikan rubik 3x3x3. Maka kalau kita sudah melakukan hal tersebut rubik kita akan solved alias terselesaikan.
Sebelum melanjutkan ke langkah terakhir harus dipastikan dulu bahwa kondisi rubik lapis pertama dan kedua sudah terselesaikan, bagian atas dari lapis ketiga sudah menghadap ke atas semua, dan corner lapis ketiga juga sudah berada pada posisinya yang tepat sehingga terlihat seperti gambar di samping kiri.
Perhatikan dengan seksama pola tertukarnya edge lapis ketiga. Ada empat kemungkinan kondisi tertukarnya edge yang bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu ketika belum ada satupun edge yang berada di posisinya dan ketika sudah ada satu edge yang sudah berada di posisinya. Ketika belum ada edge yang berada di posisinya kita langsung bisa memperbaikinya. Yang penting posisi warna Kuning harus berada di atas (U) dan warna putih berada di bawah (D). Sedangkan ketika suda ada satu edge yang menempati posisinya maka edge tersebut harus berada di posisi belakang (B).
Berikut adalah empat kondisi yang mungkin didapatkan:
- Edge harus ditukar searah jarum jam.
Jika ditemukan kondisi edge yang tertukar searah jarum jam sebagaima yang terlihat dalam gambar maka lakukanlah algoritma F2 (U L R') F2 (L' R U) F2. Perhatikan dengan seksama pergerakan edge dan corner putih yang berpindah ke atas karena gerakan F2. Ketika kemudian kita melakukan gerakan U maka edge dan corner putih tadi berpindah ke atas-kiri. Ketika kita melakukan gerakan L edge dan corner putih tadi berpindah ke sisi depan-kiri. Lakukanlah gerakan R' maka edge dan corner kuning yang ada disebelah atas-kanan akan berpindah ke depan-kanan. Lakukanlah gerakan F2 maka edge dan corner putih yang ada di depan-kiri akan tertukar dengan edge dan corner kuning yang ada di depan-kanan. Gerakan L' akan memindah edge dan corner kuning yang ada di depan-kiri ke posisi atas-kiri. Sedangkan gerakan R akan memindah edge dan corner putih di depan-kana ke atas-kanan. Lakukan gerakan U makan edge dan corner putih akan berpindah ke atas-depan. Lakukanlah F2 maka rubik akan solved.
- Edge harus ditukar berlawanan dengan arah jarum jam.
Jika ditemukan kondisi edge yang tertukar berlawanan dengan arah jarum jam sebagaimana terlihat dalam gambar maka lakukanlah algoritma F2 (U' L R') F2 (L' R U') F2. yang membedakan penyelesaian kondisi ini dengan kondisi satu adalah gerakan U dan U' saja. Kondisi satu menggunakan U, sedangkan kondisi dua menggunakan U'.
- Edge harus ditukar secara diagonal.
Ketika ditemukan kondisi edge yang tertukar secara diagonal maka lakukanlah algoritma kondisi satu atau algoritma kondisi dua. Maka akan didapati edge seperti pada kondisi satu atau kondisi dua. Setelah itu lakukakanlah algoritma sekali lagi sesuai dengan kondisi pertukaran edge yang didapatkan.
- Edge harus ditukar secara berseberangan.
Ketika ditemukan kondisi edge yang tertukar secara berseberangan maka lakukanlah algoritma kondisi satu atau algoritma kondisi dua. Maka akan didapati edge seperti pada kondisi satu atau kondisi dua. Setelah itu lakukakanlah algoritma sekali lagi sesuai dengan kondisi pertukaran edge yang anda dapatkan. Cara ini persis sebagaimana kalau ditemukan kondisi ketiga.
D. Kesimpulan
Setelah semua langkah telah dikuasai maka saya mengucapkan Selamat! Rubik yang dulu terkesan sulit sekarang sudah terselesaikan.
Dan akhirnya selesai juga Cara Meyelesaikan Rubik 3x3x3, yang konon hanya 3 dari setiap 100 orang di dunia ini yang mampu menyelesaikannya. Dengan terus melatih metode ini, anda dapat mencapai waktu penyelesaian hingga di bawah 60 detik, dan semoga apa yang saya sampaikan mudah dipahami dan bermanfaat untuk teman-teman semua. Mohon maaf kalau ada kesalahan kata, dan untuk itu mohon masukan dari teman-teman. Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar